cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
AKSIOMA
ISSN : 20862725     EISSN : 25797646     DOI : -
Core Subject : Education,
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika adalah jurnal dalam bidang matematika dan pendidikan matematika yang memfasilitasi guru, mahasiswa, dosen, dan praktisi pendidikan dalam menerbitkan karya ilmiah atau artikel hasil penelitian maupun studi pustaka. Jurnal Aksioma ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juli dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2019): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika" : 12 Documents clear
Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah pada materi statistika terhadap kemampuan penalaran statistik siswa Thania Wulansari; Aan Putra; Nur Rusliah; Mhmd Habibi
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 10, No 1 (2019): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v10i1.3647

Abstract

Kurikulum 2013 menuntut digunakannya pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered) sedangkan kenyataan yang terjadi di lapangan pembelajran masih terpusat pada guru. Kemampuan penalaran statistis cukup penting di era global ini dan jarang diteliti. Oleh karena itu digunakan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan penalaran statistis siswa.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran statistis siswa yang mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan proses pembelajaran berbasis masalah serta kemampuan penalaran statistis siswa yang mengikuti proses pembelajaran biasa di kelas VIII SMP Negeri 35 Kerinci. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen desain Quasi Experimental bentuk The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Kerinci dan sampel dipilih menggunkan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 27 orang siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan 27 orang siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes penalaran statistis. Pengolahan data pada tes akhir dilakukan melalui uji hipotesis menggunakan uji t yang dihitung menggunkan SPSS. Pada tingkat kepercayaan 95% dengan α = 0,05 diperoleh nilai signifikansi 0,001. Karena nilai signifikansi < α = 0,05 berarti hipotesis penelitian ini diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan penalaran statistis siswa.Kata kunci: Kemampuan Penalaran Stistis; Model Pembelajaran Berbasis Masalah
Menumbuhkan mathematical creativity mahasiswa berdasarkan modifikasi bahar & maker’s theory melalui penerapan pembelajaran DBL mujiasih mujiasih
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 10, No 1 (2019): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v10i1.3754

Abstract

Tumbuhnya mathematical creativity mahasiswa, diawali dengan tumbuhnya kemampuan dalam berpikir dan menemukan (discovery) suatu solusi soal matematika. Dengan demikian, model pembelajaran Discovery Based Learning (DBL) yang disesuaikan dengan kondisi kelas, merupakan model pembelajaran yang dipandang tepat untuk mendukung tumbuhnya mathematical creativity mahasiswa. Mathematical creativity juga perlu ditumbuhkan melalui open ended problems yang bersifat fluency dan flexibility. Namun demikian, belum banyak perkuliahan yang secara khusus dilakukan untuk menumbuhkan mathematical creativity berdasarkan modifikasi Bahar & Maker’s theory, sehingga perlu dilakukan penelitian dengan tujuan mengetahui : (1) tahapan dan penerapan modifikasi Bahar & Maker’s theory untuk menumbuhkan mathematical creativity, (2) sintaks model DBL sebagai penunjang tumbuhnya mathematical creativity, dan (3) bentuk soal open ended sebagai pengungkap dalam menumbuhkan mathematical creativity mahasiswa berdasarkan Bahar & Maker’s theory. Penelitian ini dilakukan melalui metode kualitatif dengan analisis data meliputi : reduksi data, penyajian data, interpretasi data, dan penarikan kesimpulan, dengan hasil sebagai berikut : (1) tahapan dan penerapan modifikasi Bahar & Maker’s theory untuk menumbuhkan mathematical creativity  yaitu : menerapkan DBL, membiasakan mahasiswa mengerjakan soal open ended, pemberian tes, dan analisis hasil tes. (2) tahapan sintaks DBL sebagai penunjang tumbuhnya mathematical creativity, adalah dengan melaksanakan materi perkuliahan, diskusi dalam kegiatan penemuan melalui soal open ended, dan paparan hasil diskusi. (3) soal open ended yang digunakan sebagai pengungkap dalam menumbuhkan mathematical creativity mahasiswa berdasarkan modifikasi Bahar & Maker’s theory adalah soal open ended yang bersifat fluency dan flexibility yang dikerjakan secara terperinci/elaborasi.
Analisis kemampuan komunikasi matematis pada pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantu komik matematika susi ana; Hasan Sastra Negara; Netri Wati
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 10, No 1 (2019): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v10i1.3326

Abstract

The purpose of this study was to find out whether the TPS Learning Model Helped by Mathematical Comics had an effect on the mathematical communication of class VII of Bandar Lampung Middle School 14. Based on data analysis and hypothesis testing that has been carried out that the implementation of the Mathematical comic-assisted TPS Learning Model to the class Experiments on Quadrilateral material has an influence on students' Mathematical Communication skills. This can be seen from the results of calculations using the one sample T-test of tcount (2.870)> t table (, 0452). This indicates that tcount> ttable so Ho is rejected in other words Ha is accepted, so there are influences of TPS learning models aided by mathematical comics . In qualitative analysis for high-ability students able to complete 3 stages including; (1) Written Text (2) Drawing (3) Mathematical Expression for ability students who are only completing 2 stages include (1) Written (2) Mathematical Expression about mathematical communication, while for low ability students only 1 stage (1) Written Text.
Pengembangan e-modul matematika berbasis Open Ended pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII maryam maryam; Rubhan Masykur; Siska Andriani
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 10, No 1 (2019): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v10i1.3059

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul matematika berbasis open ended yang berkualitas dilihat dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Reseach and Development). Langkah-langkah penelitian dan pengembangan berpedoman pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yaitu belum adanya media pembelajaran yang menarik yang digunakan pendidik dan masih beranggapan matematika itu sulit dan membosankan. Hasil pengembangan diperoleh tahap analisis yaitu analisis kurikulum, analisis kebutuhan, dan analisis karakteristik peserta didik. Pada tahap desain diperoleh pemilihan media, pemilihan format dan desain awal. Pada tahap pengembangan dilakukan pengembangan media dan penilaian aspek kevalidan. Pada tahap implementasi dilakukan uji coba dalam kelas pembelajaran dan tes. Tahap evaluasi dilakukan analisis kepraktisan dan keefektifan. Hasil penelitian penelitian menunjukan bahwa e-modul matematika yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Modul matematika dinyatakan valid berdasarkan penilaian para ahli materi dan pendidik menunjukan angka 3,29 dengan kriteri “Valid”, penilaian untuk para ahli media dan pendidik menunjukan angka 3,27 dengan kriteria “Valid”. Untuk hasil respon peserta didik uji coba skala kecil memperoleh rata-rata 3,30 dengan kriteria “Sangat Menarik” dan untuk uji coba skala besar diperoleh rata-rata 3,28 dengan kriteria “Sangat Praktis”. E-modul dikatan efektif berdasarkan ketuntasan peserta didik sebesar 68% yang termasuk kategori “Efektif”. Dapat disimpulkan emodul matematika layak digunakan.
Modifikasi sistem kripto Elgamal hasil konstruksi Marc Joye menggunakan General Linear Group Maxrizal Maxrizal; Maya Saftari; Eza Budi Perkasa; Devi Irawan
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 10, No 1 (2019): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v10i1.3682

Abstract

Pada era revolusi teknologi 4.0, transformasi big data yang dikumpulkanmelalui internet pada segala bidang kehidupan (The Internet of Things)merupakan suatu keharusan. Akan tetapi internet bukanlah media komunikasiyang cukup aman karena rawan terhadap penyadapan informasi oleh pihakpihak yang tidak berhak mengakses informasi tersebut.Kriptografi merupakan salah satu bidang keilmuan untuk menjaga keamananinformasi. Salah satu sistem kripto yang masih digunakan sampai saat iniadalah sistem kripto ElGamal yang diperkenalkan oleh Taher ElGamal . Padasistem kripto ElGamal klasik dan sistem kripto modifikasi ElGamal yangdikontruksikan oleh Marc Joye, masing-masing sistem kripto ini menggunakankonsep bilangan bulat (integer). Fakta ini memotivasi suatu ide untukmenggantikan konsep bilangan bulat (integer) menjadi suatu matriks yangberukuran n n  yang dinamakan dengana General Linear Group . Keunggulandari sistem kripto yang diusulkan adalah terdapat ruang plaintext yang lebihbesar dari sistem sebelumnya, sehingga ciphertext menjadi lebih acak dankeamanan pengiriman data menjadi lebih aman.Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi literatur. Sedangkan tujuan daripenelitian ini adalah untuk memodifikasi sistem kripto ElGamal hasilkonstruksi Marc Joye menggunakan konsep General Linear Group sehinggadihasilkan suatu modifikasi sistem kripto ElGamal usulan yang lebih aman darisistem kripto ElGamal hasil konstruksi Marc Joye. Untuk itu, pada makalah inidiusulkan suatu modifikasi yang menggabungkan keunggulan dari sistem kriptoElGamal yang dikontruksikan oleh Marc Joye dan prinsip general linear grup.Hasil menunjukkan bahwa modifikasi sistem kripto ElGamal yang dihasilkanharus menggunakan general linear khusus yaitu matriks-matriks sirkulan yanginvertible atas modulo p.
Pengembangan media komik dengan metode picture and picture untuk meningkatkan keterampilan literasi matematika kelas IV Nilam Rakasiwi
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 10, No 1 (2019): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v10i1.3741

Abstract

AbstractIn Indonesia, mathematical literacy in International scope is still not satisfying. In order to increase mathematical literacy ability, it can be done by applying some variation of learning methods supported by the utilization of learning media. The goal of this study is to develop and examine the validity, the practicality, and the effectiveness of comic media by picture and picture method to increase mathematical literacy ability of grade 6th students. This R&D study used the ADDIE development model combined with steps in making comics by Sadiman. Those steps were analysis (analyzing the needs, goal and main material), design (synopsis, first step), development (prototype product, evaluation, revision, and last script), implementation (trials), and evaluation (final product). The validity of the product could be seen from expert judgment by using material, media, and learning expert validation instrument. The practicality of the product was done by the students’ response questionnaire instrument to the media. The effectiveness of the product was seen from one class trial by one group pre-test post-test, and the result was processed using Paired-Samples T-Test check with the help of SPSS 20.0. The result of this study was the comics media to increase grade 6th students’ mathematical literacy ability. Comics media proved to be valid from material and media aspects. Comics media proved to be practice from students’ response questionnaire. Comics media also proved to be effective based on the result of the pre-test, post-test and Paired-Samples T-Test check.Keywords: Comics, Mathematical Literacy, Picture and Picture
Optimasi keuntungan dengan metode Branch and Bound Sri Siti Supatimah; Farida Farida; Siska Andriani
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 10, No 1 (2019): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v10i1.3145

Abstract

Sentral Me Laundry is one of the service services businesses established in 2016 and has 2 employees having their address at Jalan pulau Ambon, Sukarame, Bandar Lampung. The development of laundry services in the middle of the city community indicates that laundry businesses can still develop and can achieve optimal profits. The purpose of this study was to find the optimal benefits obtained by the Sentral Me Laundry business. Errors in planning a laundry business result in a maximum profit. To prevent mistakes in planning a laundry business, it is necessary to use the right method. Banch And Bound Method (Integer Linear Programming) is a method that can be used to optimize laundry business by looking at the limited resources of the business. In the linear program method the decision variable can be a real number. While the optimization of laundry business that will be done requires a solution in the form of an integer called Integer. To help resolve cases of optimizing the benefits of laundry businesses using a computer program, QM For Windows. Calculations from the QM For Windows program produce 53 Kg of Badcover, 188 Kg of Doll, 1350 Kg of Clothing, 101 Kg of Blanket.. Keywords: Branch and Bound; Optimization; QM For Windows
HOTS-Speed Test untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Analisis Peserta didik I Wayan Eka Mahendra; I G. A. N. Trisna Jayantika; Ni Wayan Rima Sulistyani
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 10, No 1 (2019): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v10i1.3772

Abstract

The effect of HOTS-speed test based on problem-based learning (PBL) in improving analytical reasoning ability of students of class XI MIPA SMA N 1 Marga is the purpose of this study. By using factorial group design (treatment by subject); involving sample 132 students. HOTS-speed test and PBL are independent variables, as well as analytical reasoning abilities as the dependent variable. The data was collected using tests, namely: analytical reasoning ability tests, which have been tested for validity and reliability coefficients. The collected data were analyzed by two-way ANOVA, which previously tested the data distribution normality and variance homogeneity test. The results of the study indicate that there was an effect of HOTS-speed test setting of a problem-based learning model on the analytical reasoning ability of students. In order to obtain a more optimal analytical reasoning ability, the types of tests used must be considered. Key words: HOTS-Speed test, PBL, analytical reasoning ability
Group Investigation Method: Alternatif Peningkatan Sikap Matematika Siswa Muhammad istiqlal; Muhammad Farhar
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 10, No 1 (2019): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v10i1.3448

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (class action research). Penelitiantindakan dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar dan sikap siswa terhadappembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GroupInvestigation. Masalah yang ingin dipecahkan dalam penelitian ini adalah bagaimana polapenerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation yang dapat meningkatkanprestasi belajar dan sikap siswa terhadap matematika pada kelas VII SMP Sunan AverroesYogyakarta.Rancangan dalam penelitian ini mengacu pada model spiral atau siklus menurutKemmis & Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP SunanAverroes Yogyakarta. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif yaitudata prestasi belajar siswa dan sikap siswa terhadap matematika. Data prestasi belajar diperolehdengan menggunakan post test pada akhir setiap siklus yang akan dibandingkan dengan KKMsecara klasikal. Adapun data untuk sikap siswa diperoleh dari angket siswa pada akhir siklus.Sesuai dengan petunjuk teknik penilaian kelas dapat dikatakan tuntas secara klasikal terhadapprestasi belajar yang disajikan bila ketuntasan klasikal mencapai  75 %. Pelaksanaan modelpembelajaran kooperatif tipe group investigation dikatakan berhasil apabila pada akhir setiapsiklus terdapat perbedaan peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran yangterlihat pada aspek prestasi belajar matematika siswa dan sikap siswa dalam pembelajaranmatematika.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada siswa SMP Sunan Averrouspada materi pokok Aritmatika Sosial, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tipe GIdalam meningkatkan prestasi belajar dan sikap siswa. Peningkatan prestasi belajar dan sikapsiswa cukup signifikan. Pada siklus I ketuntasan klasikal prestasi belajar sebesar 33,33% danpada siklus II sebesar 75% sedangkan pada sikap siswa siklus I siswa dengan kategori sikaptinggi sebesar 50% dan kategori sangat tinggi sebesar 50% sedangkan sikap siswa pada siklusII dengan kategori sikap tinggi sebesar 45% dan kategori sangat tinggi sebesar 55%.Kata kunci: Group Investigation, Sikap Belajar, Matematika
Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Pada Materi Logaritma Aizyah Alifia Supardi; Yesi Gusmania; Fitrah Amelia
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 10, No 1 (2019): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/aks.v10i1.3744

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan validitas, praktikalitas dan keefektifan modul pembelajaran matematika berbasis pendekatan konstruktivisme pada materi logaritma untuk siswa kelas X Akuntansi SMK Permata Harapan Batam. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi Analysis yaitu tahap Analisis, Design yaitu tahap Desain, Development yaitu tahap Pengembangan, Implementation yaitu tahap Implementasi, dan Evaluation yaitu tahap Evaluasi. Instrumen yang digunakan adalah angket yang berdasarkan penilaian dari BNSP, angket respons siswa dan soal tes hasil belajar. Kualitas modul dilihat dari aspek kevalidan termasuk dalam klasifikasi sangat baik dengan  rata-rata skor penilaian ahli materi sebesar 3,59 dan rata-rata skor penilaian modul oleh ahli media sebesar 3,68 pada rentang skor skala 4 sehingga didapat validasi dengan skor rata-rata 3,64 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Dilihat dari aspek kepraktisan, modul tersebut dinyatakan praktis dengan skor rata-rata angket respons siswa yaitu 3,15 yang termasuk dalam klasifikasi baik. Sedangkan dari aspek keefektifan, modul tersebut dinyatakan efektif berdasarkan hasil post-test yang menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa adalah 87%  yang termasuk dalam kategori sangat baik.

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 14, No 2 (2023): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 14, No 1 (2023): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 13, No 3 (2022): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 13, No 2 (2022): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 13, No 1 (2022): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 12, No 3 (2021): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 12, No 2 (2021): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 12, No 1 (2021): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 11, No 2 (2020): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 11, No 1 (2020): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 10, No 2 (2019): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 10, No 1 (2019): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 9, No 2 (2018): AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 9, No 1 (2018): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 9, No 1 (2018): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2017): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 8, No 1 (2017): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 7, No 2 (2016): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 7, No 1 (2016): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2015): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6, No 1/Maret (2015): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6, No 1/Maret (2015): AKSIOMA Vol 5, No 2/september (2014): aksioma Vol 5, No 2/septembe (2014): aksioma Vol 5, No 1/MARET (2014): AKSIOMA Vol 5, No 1/MARET (2014): AKSIOMA Vol 4, No 2/Septembe (2013): AKSIOMA Vol 4, No 2/September (2013): AKSIOMA Vol 4, No 1/MARET (2013): AKSIOMA Vol 4, No 1/MARET (2013): AKSIOMA Vol 3, No 2 (2012): AKSIOMA Vol 3, No 1/Maret (2012): Aksioma Vol 3, No 1/Maret (2012): Aksioma Vol 2, No 2/Septembe (2011): AKSIOMA Vol 2, No 2/September (2011): AKSIOMA Vol 2, No 1/Maret (2011): AKSIOMA Vol 2, No 1/Maret (2011): AKSIOMA Vol 1, No 2/September (2010): AKSIOMA Vol 1, No 2/Septembe (2010): AKSIOMA Vol 1, No 1/Maret (2010): AKSIOMA Vol 1, No 1/Maret (2010): AKSIOMA More Issue